feed me
Sabtu, 24 Desember 2016

Marketing Mix


Pengertian Marketing Mix

"Strategi yang mengkombinasikan kegiatan-kegiatan marketing, agar tercipta kombinasi maksimal sehingga memunculkan hasil paling memuaskan”. -Alma, (2005:205)

“Bauran pemasaran atau marketing mix adalah perangkat alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan, produk, harga, distribusi, dan promosi yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respons yang diinginkan dalam pasar sasaran”. -Kotler & Armstrong, (1997:48)

“Kombinasi dari variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran yaitu produk, harga, promosi, dan distribusi." -Sumarmi dan Soeprihanto, (2010:274)


Dengan kata lain marketing mix  adalah kumpulan dari variabel yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk dapat mempengaruhi tanggapan konsumen.

Berdasarkan defenisi beberapa Ahli, secara umum variabel-variabel Marketing Mix  yang utama ada empat yang di kenal dengan “4P” yaitu :
1.  Product (Produk)
Produk  merupakan kombinasi barang dan  jasa yang di tawarkan perusahaan kepada pasar sasaran. Produk tidak hanya meliputi unit fisiknya saja tetapi juga kemasan, garansi, merek, dan pelayanan purna jual. 

2.  Price (Harga)
Menurut Mc.Daniel Dkk (2001 : 56 )
Harga adalah apa yang harus diberikan  oleh pembeli untuk mendapatkan suatu produk. Harga bukan saja suatu komponen bagi perusahaan untuk mengembalikan modalnya. Tetapi juga untuk mendapatkan keuntungan dan  menentukan kelangsungan hidup perusahaan.  
3.  Place (Tempat )
Tempat menunjukan berbagai kegiatan yang di lakukan perusahaan untuk menjadikan produk dapat diperoleh dan tersedia  bagi perusahaan.

4.  Promotion (Promosi) 
Mc. Daniel Dkk (2001:56) 
Mendefinisikan promosi sebagai kegiatan yang menghasilkan informasi, membujuk, atau mengingatkan konsumen akan manfaat dari suatu produk tujuan dari melakukan kegiatan promosi adalah: 
a.  memperkenalkan produk baru kepada masyarakat. 
b.  Memperpanjang masa kedewasaan produk. 
c.  Menjaga stabilitas prusahaan dari kemungkinan persaingan. 
d.  Mendorong penjualan produk.

source: https://catatanmarketing.wordpress.com/tag/4p-marketing-mix/
source: http://www.landasanteori.com/2015/07/pengertian-marketing-mix-definisi.html

Filed Under:

0 komentar:

Posting Komentar